Metode Mengajar Matematika
Materi: Lebih dari ( > ) dan kurang dari ( < )
Mengajarkan bidang studi Matematika kepada anak-anak itu gampang-gampang susah. “Gampang” karena materi yang diajarkan masih sangt sederhana dan tentu saja kita sudah tahu caranya.
“susah” bila kita belum mengetahui metode yang efektif dan menyenangkan yang bisa kita gunakan untuk mengajar anak-anak. Mungkin ada sebagian dari kita bingung saat mengajarkan tanda “lebih dari”( > ) dan “kurang dar
i ( < )”. Dalam artikel ini
saya akan mengajarkan sebuah metode kreatif dalam mengajarkan “lebih
dari” dan “kurang dari” kepada anak-anak. “susah” bila kita belum mengetahui metode yang efektif dan menyenangkan yang bisa kita gunakan untuk mengajar anak-anak. Mungkin ada sebagian dari kita bingung saat mengajarkan tanda “lebih dari”( > ) dan “kurang dar
1. Memperkenalkan kata “lebih” kepada anak-anak
Anda bisa menggunakan proses ini dengan mengklik lagu yang telah saya ciptakan, yaitu BIG BIG BIG. Lirik lagu ini adalah demikian:
Nah…
Setelah mengajak anak menyanyikan dan mempelajari lagu ini, anda bisa
mengatakan bahwa gajah lebih besar daripada seekor semut. Kemudian anda
ceritakan kepada anak didik bahwa ular lebih panjang daripada seekor
cacing.
Setelah
itu anda ceritakan bahwa ada seekor buaya yang suka memakan binatang
yang ukurannya besar dan panjang. Pada saat itu dia melihat gajah dan
semut. Lalu silakan anda bertanya kepada siswa,”Kira-kira…. Siapa yang
akan dia makan?” Tentu saja siswa akan menjawab “Gajah”.
Lalu
sang buaya melihat dua ekor binatang, yaitu ular dan cacing. Lalu
bertanyalah kepada siswa,”Siapa yang akan dia makan?” Tentu saja siswa
akan menjawab.”Ular!”
Nah…
Di dalam pelajaran di atas anda bisa menggambarkan mulut buaya yang
menganga dan siap memakan seekor gajah. Pada saat itu pula, anda bisa
mengajarkan tanda “ > ” yang mewakili mulut buaya
yang sedang menganga dan siap menerkam sang gajah. Lakukan hal yang sama
kepada ular dan cacing.
Setelah
siswa bisa membayangkan bahwa sang buaya yang rakus suka memakan
binatang yang ukurannya lebih besar dan panjang, kita ikuti langkah
selanjutnya.
2. Membandingkan jumlah suatu benda
Dalam poin ini, kita masih menggunakan tokoh si buaya yang rakus. Namun
katakana kepada siswa bahwa kini sang buaya ingin memakan binatang
dalam jumlah yang banyak. Gambarlah 3 ekor bebek dan 2 ekor tikus.
Mintalah siswa untuk menghitung jumlah kedua binatang dan tuliskan angka
yang menyebutkan jumlah binatang di bawah masing-masing binatang. Lalu
katakan kepada siswa, “Kira-kira… Mana yang akan dimakan oleh sang
buaya?” Biarkan siswa yang menjawab sendiri hingga siswa
benar-benar mengerti bila buaya lebih suka memakan binatang dengan
jumlah yang paling besar.
Anda
bisa memvariasi jumlah binatang dan jenis binatang yang akan menjadi
mangsa si buaya rakus, supaya pelajaran menjadi lebih menarik dan tidak
membosankan. Setelah siswa benar-benar megerti, anda bisa menggunakan
angka dan tanda matematika ( > ) dan ( < )
3. Supaya
anak bisa lebih mudah mengingat bahwa tanda ( <) artinya adalah “
kurang dari”, saya akan memberikan sebuah tips .
Coba
anda perhatikan langbang “<” yang mirp dengan huruf “k” bila
kita menghapus garis vertical pada huruf tersebut. Dan huruf “k” inilah
yang mewakili kata “kurang. Sehingga siswa bisa lebih mudah mengingat
bahwa tanda “<” artinya adalah “kurang dari".
Bagaimana
dengan tanda ">" yang artinya lebih dari? Hmm..... Bila siswa
sudah mengerti dan hafal kalau tanda "<" artinya kurang dari,
tentu bukan hal yang sulit untuk mengingat tanda ">" yang
artinya lebih dari. (Kak Zepe).
Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam
aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara
online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan
search di GOOGLE PLAYSTORE,
atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1
Atau klik gambar di bawah ini:
Atau klik gambar di bawah ini:
Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:
Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar