Metode Mengajar Angka Nol
Angka
nol adalah angka yang unik. Angka yang berada diantara bilangan positif
dan bilangan negative. Angka nol melambangkan ketiadaan, atau
kekosongan. Mungkin itulah kenapa kata “kosong” memiliki dua huruf “o”, sebuah huruf yang bentuknya bulat seperti angka “nol”. Berbicara
mengenai angka “nol” saya akan mencoba memberikan beberapa metode
pengajaran tentang bagaimana mengajar kan tentang angka “nol” atau “0”
ini.
1. Belajar dari lingkungan sekitar
Di
dunia ini banyak sekali benda yang bentuknya bulat. Maka ajaklah anak
didik anda untuk sejenak berjalan keliling sekolah, tentang benda apa
saja yang bentuknya bulat. Kegiatan ini bisa dimulai dari dalam kelas
atau di dalam sekolah. Mungkin ada beberapa benda yang bentuknya bulat.
Misalnya jam dinding, kaca mata, bola, hula-hop, tempat makanan, dan
lain-lain. Untuk memastikan agar di dalam kelas ada beberapa benda yang
bentuknya bulat, anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu beberapa benda
yang bentuknya bulat sebelum kelas dimulai.
2. Belajar dari alam
Mengapa
saya memisahkan belajar dari alam dan belajar dari lingkungan? Karena
saya hanya ingin membuatnya menjadi lebih spesifik. Dalam materi ini,
belajar dari lingkungan adalah pada saat anak didik secara sepontan
menunjuk benda yang berbentuk bulat di lingkungan mereka (di dalam
sekolah / di dalam kelas). Di dalam belajar dari alam, kita bisa
mengajak anak didik kita untuk pergi ke luar sekolah sambil mengamati
alam. Kita bisa mengajak mereka berjalan-jalan di perkampungan yang
letaknya tidak jauh dari sekolah. Pada saat mereka berjalan-jalan, kita
bisa meminta mereka untuk menemukan benda-benda yang bentuknya bulat,
seperti matahari, tempat sampah, buah jeruk, ban sepeda, dan lain-lain.
3. Pemahaman visual grafis
Maksud
dari pemahaman visual grafis adalah kita menjelaskan kepada anak didik
kita tentang angka nol melalui media gambar. Dengan media gambar yang
menarik, maka seorang anak akan lebih mudah menerima apa yang kita
ajarkan. Saya memiliki sebuah ide untuk menggambar beberapa macam mahluk
atau benda yang berbentuk bulat. Misalnya dengan menggambar seorang
anak gundul sedang bermain bola di bawah sinar matahari. Ada seorang anak wanita yang sedang memegang donat dan permen lollipop berukuran besar. Anak wanita itu berada di dekat sebuah mobil yang memiliki roda yang bentuknya bulat. Setelah selesai menggambar, mintalah anak didik anda untuk meniru gambar yang telah anda buat, dan mewarnai benda-benda yang bentuknya mirip angka “nol” atau berbentuk bulat.
4. Pemahaman visual grafis plus berhitung
Dengan
cara ini, saya akan menggambar lima ekor katak yang berada di dalam
sebuah kolam berbentuk bulat. Lalu katak-katak itu pergi satu persatu
(anda bisa mengajarkan pelajaran pengurangan). Bila anda ingin juga
mengajarkan penjumlahan, anda bisa menambahkan jumlah katak dengan
mengatakan bahwa ada beberapa kata lagi yang mencebur ke kolam. Nah…
Setelah katak-katak di dalam kolah habis karena
meninggalkan kolam, anda bisa bertanya, “Berapa ekor yang tersisa?”
Tidak ada…. “Apa yang tersisa?” Sebuah kolam…. . “Bentuknya apa?”
Bulat…. “Seperti apa?” Angka nol…. .
5. Media Alat Peraga
Dengan
media alat peraga ini, anda bisa menyiapkan 5 buah gelas. Tulislah di
atas gelas angka 0 sampai 4. Lalu isilah gelas-gelas tersebut dengan
kelereng. Jumlah kelereng sesuai dengan angka yang tertera di atas
gelas. Dalam hal ini, tentu saja di dalam gelas yang berangka “nol”
tidak diisi dengan satu buah kelerengpun. Setelah itu mintalah salah
seorang siswa untuk menghitung jumlah kelereng yang berada di dalam
gelas. Anda bisa menuliskan data yang didapat dari kegiatan menghitung tersebut demikian:
Gelas 4 : ada 4 kelereng.
Gelas 3: ada 3 kelereng.
Gelas 2: ada 2 kelereng
Gelas 1: ada 1 kelereng.
Gelas 0: tidak ada kelereng.
Setelah
itu, anda bisa menjelaskan kepada anak didik anda bila angka “nol”
melambangkan ketiadaan atau sesuatu yang tidak ada / kosong / habis.
(Kak Zepe)
Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam
aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara
online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan
search di GOOGLE PLAYSTORE,
atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1
Atau klik gambar di bawah ini:
Atau klik gambar di bawah ini:
Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:
Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar