Entri yang Diunggulkan

Klik ---> "DOWNLOAD LAGU ANAK KARYA KAK ZEPE" untuk download semua lagu anak karya Kak Zepe

Salam cinta lagu anak... Sekarang download lagu anak Karya Kak Zepe lebih mudah. Anda bisa memilih, memutar, dan berbagi lagu anak...

Mau Belanja Buku Pendidikan Anak, Orang Tua, dan Guru? SIlakan klik Gambar di Bawah ini

LIKE FACEBOOK Kak Zepe ya

Kamis, 01 September 2011

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Anak-anak (Pengaruh Negatif Yang Biasa Dihadapi Anak Setiap Saat)

Kebiasaan Yang Harus Dihindari Anak-anak
1.
Minum minuman bersoda
Minuman bersoda memang sangat nikmat dan menyegarkan. Anak-anak tentu akan menyukai minuman jenis ini. Namun ternyata minuman jenis ini sangat berbahaya bagi anak-anak. Mungkin beberapa dari kita sudah tahu bila minuman berkafein sangat berbahaya bila dikonsumsi oleh anak-anak. Nah… Minuman bersoda ini biasanya mengandung kafein. Dan bila anak-anak mengonsumsi dalam jumlah yang tinggi maka akan menyebabkan gangguan pada tidur, anak menjadi cenderung hiper aktif, dan tentu saja sangat mengganggu kegiatan belajar anak. Dan efek selanjutnya adalah penurunan prestasi belajar anak. Zat lain yang ada di dalam minuman bersoda adalah Natrium. Natrium dipercaya bisa meningkatkan tekanan darah. Mungkin pada masa kecil, seorang anak yang banyak mengonsumsi Natrium tidak tampak efek sam
pingnya. Efek samping dari minuman ber-Natrium akan tampak setelah anak menginjak dewasa. Biasanya mereka akan mengalami penyakit tekanan darah tinggi. Tidak heran bila pada zaman sekarang banyak orang-orang muda yang sudah terserang “stroke”. Maka hindarkan anak-anak dari minuman yang mengandung kafein dan Natrium, kita bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi anak dalam hal ini.
2. Minum air dingin
Air dingin ternyata juga tidak baik untuk anak-anak. Air dingin bisa menyebabkan kegemukan yang tidak sehat pada anak-anak. Mengapa? Karena air dingin mencegah proses pelarutan lemak dalam tubuh, sehigga menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh secara berlebihan. Jadi bila buah hati kita gemuk, jangan senang dulu. Karena gemuk tidak selamanya sehat. Selain itu air dingin juga bisa menyebakan penyakit flu dan batuk. Air dingin juga bisa menyebabkan rangsangan yang sangat kuat pada saluran pencernaan. Hal ini bisa menyebakan penyakit diare dan sakit perut. Maka minuman yang hangat atau yang bersuhu biasa sangat dianjurkan bagi anak-anak.
3. Makan permen
Gigi anak-anak masih sangat rentan. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis seperti permen sangat berbahaya bagi kesehatan gigi anak. Untuk mengatasi hal ini, bila buah hati kita memang “kebelet” ingin makan permen, mintalah buah hati kita untuk makan permen di rumah, supaya kita pun bisa memintanya untuk cepat-cepat menyikat gigi mereka. Supaya buah hati kita selalu ingat kapan mereka harus menyikat gigi, maka ajarkanlah buah hati kita lagu GIGI SEHAT (klik judul lagunya buat dengerin lagunya…. Sangat sederhana, Lucu dan menarik).
4. Nonton Televisi Terlalu Dekat
Kebiasaan anak menonton TV terlalu dekat juga bisa memberikan efek negatif pada anak, terutama pada bagian mata. Anak bisa mengalami kelainan mata yang bernama rabun jauh.
5. Membaca Sambil Tiduran
Aktivitas membaca sangat disukai anak-anak, walaupun mungkin mereka hanya melihat gambar-gambarnya saja. Namun bila aktivitas ini dilakukan dengan posisi yang tidak baik, seperti dengan posisi tidur, sangat tidak baik buat kesehatan mata buah hati kita. Agar membaca tidak merusak mata, maka jarak antara buku dan mata adalah 30 cm. Coba kita perhatikan bila buah hati kita membaca buku sambil tidur. Secara sadar atau tidak, maka posisi buku akan semakin dekat dengan mata karena tangan menjadi kelelahan dalam menopang atau memegang buku. Padahal membaca buku dengan jarak buku dan mata kurang dari 30 cm bisa menyebabkan kerusakan mata.
6. Membaca di mobil
Membaca di mobil juga tidak baik buat buah hati kita, karena mobil tidak pernah berjalan dengan posisi diam. Mobil pasti akan bergoyang dan bergetar. Hal ini menyebabkan mata sulit fokus dan cepat lelah, dan bisa menyebakan kerusakan mata.
7. Membaca Terlalu Lama
Membaca itu baik, namun tidak akan menjadi baik bila membaca terlalu lama. Usahakan untuk meminta buah hati anda mengistirahatkanmatanya setiap 30 menit sekali. Supaya mata tidak cepat lelah. Dan usahakan untuk menyegarkan mata dengan memandang tumbuhan hijau setelah membaca terlalu lama.
8. Memainkan mainan yang terlalu kecil
Mainan yang terlalu kecil harus dihindari oleh anak-anak untuk mencegah tertelannya mainan.
9. Kebiasaan Memasukkan tangan ke mulut
Kebiasaan ini tidak baik, karena tangan si kecil tidak selalu bersih. Bila tangan si kecil kotor maka bisa menyebabkan masuknya bibit penyakit ke dalam tubuh si kecil.
10. Terlalu membiarkan anak yang aktif
Kita tentu akan merasa sangat senang melihat buah hati kita aktif bergerak. Namun sebaiknya jangan terlalu membiarkan kebiasaan ini, karena tidak selamanya yang dilakukan buah hatii kita ini adalah hal yang baik. Agar buah hati kita tidak bergerak secara “liar” dan tidak tahu aturan, sebaiknya kita menyediakan mainan yang mendidik. Supaya keaktifan buah hati kita bisa terarah dengan baik, dan tidak membahayakan keselamatan sang anak.
11. Menyanyikan Lagu Dewasa
Bila kita tidak ingin buah hati kita menjadi “dewasa” lebih cepat, jangan biarkan buah hati kita menyanyikan lagu dewasa. Sedini mungkin, kenalkan lagu-lagu anak bagi buah hati kita. Agar buah hati kita lebih berselera pada lagu-lagu anak. Anda bisa menemukan banyak lagu-lagu anak yang mendidik dan inspiratif di lagu2anak.blogspot.com.
Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:





Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE,   atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 Atau klik gambar di bawah ini:           https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 
Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan klik LIKE / SUKA bila anda menyukai blog ini dan mendukung gerakan CINTA LAGU dan DUNIA ANAK

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...