Kamis, 01 September 2011

Metode Belajar Bahasa inggris Lewat Lagu Materi: Pronoun (He, She, I, They, You, We)


Metode Belajar Bahasa inggris Lewat Lagu
Materi: Pronoun (He, She, I, They, You, We)

Bukanlah perkara yang sulit untuk menggunakan kata “dia” dalam bahasa Indonesia, karena tidak ada pembedaan antara laki-laki dan perempuan dalam penggunaannya. Namun di dalam bahasa Inggris, sangat berbeda. Penggunaan kata “dia” dalam bahasa Inggris, memiliki perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Untuk menunjuk “dia” yang berjenis kelamin laki-laki, menggunakan kata he, sedangkan “untuk menunjuk “dia” yang berjenis kelamin perempuan, menggunakan kata she. Bagi orang dewasa, mungkin hal ini bukanlah perkara yang sulit untuk membedakan antar he dan she.

He dan she dalam bahasa Indonesia, biasa kita sebuat sebagai kata ganti benda, atau dalam bahasa Inggris kita menyebutnya pronoun. Ada banyak pronoun di dalam bahasa Inggris, yaitu he, she, it, they, we, you, dan I. Hmmm…. Tentu bukanlah hal yang mudah pula untuk menghafalkan beberapa pronoun di atas bagi anak-anak, apalagi bagaimana membedakan fungsinya.
Dalam artikel ini, Kak Zepe saya akan mengajarkan kepada anda, cara mudah dan praktis mengajarkan pronoun, (he, she, they, we, you, dan I) kepada anak-anak, dan tentu saja dengan metode yang cerdas, mudah, sederhana, dan menyenangkan. Anak-anak pasti akan menyukai metode ini karena keunggulan-keunggulan dari metode ini.
Dan seperti biasa, sebelum kita belajar lebih lanjut, saya akan meminta anda untuk mempelajari lagu yang berhubungan dengan isi artikel ini. Pada kesempatan ini saya akan meminta anda untuk mempelajari lagu HE IS TONO. Lagu yang sederhana dan mudah untuk dipelajari, dan tentu saja menyenangkan untuk dinyanyikan. Demikian lirik lagunya:
He is Tono. He is a boy.
She is Tini, She is a girl.
They are my goodfriends.
And my neigberhoods.

lagu bisa ditemukan dengan meng-klik ini.
Sebenarnya, lirik lagu ini masih ada lagi. Namun saya telah memotong bagian terpenting dan berhubungan dengan pokok bahasan kita kali ini.
Nah… Sekarang kita perhatikan lirik lagu di atas. Kita bisa mengetahui dengan cepat cara membedakan He dan She secara langsung (langsung praktek). Bila anak-anak langsung kita ajarkan untuk menyanyikan lagu di atas pun, pasti ada beberapa anak yang langsung mengerti apa perbedaan antara kata He dan She. Coba kita perhatikan lirik di atas.
He is Tono
Sebelum kita membahas lirik di atas, akan lebih baik bagi anda untuk memberi tahu anak didik anda tentang arti kata he dan she. He dan she memiliki arti yang sama dalam bahasa Indonesia. Perbedaannya adalah dalam penggunaannya. He berguna untuk menunjuk “dia” laki-laki, sedangkan she berguna untuk menunjuk “dia” perempuan.
Namun dalam baris pertama lagu di atas, He is Tono, kita bisa secara langsung mengetahui bahwa kata he digunakan untuk menunjuk seorang laki-laki. Kenapa? Karena yang ditunjuk adalah seorang anak laki-laki yang bernama Tono. Sedangkan untuk she, menunjuk pada seorang anak perempuan yang bernama Tini. Lalu bagaimana dengan They? Fungsi atau penggunaan kata They bisa diketahui dengan menjelaskan bahwa kata they dalam lirik lagu di atas, menunjuk pada Tono dan Tini ( Dua orang yang tidak termasuk diri kita).
Nah… Bagaimana dengan menjelaskan dan mengajarkan kata “you, I, dan we”.
Dengan lagu yang sama, yuk kita berkreatif ria mengubah lirik lagu di atas menjadi:
I am Tono, I am a boy.
I am Tini, I am a girl.
We are students.
We are family.
Atau …
You are Tono, You are a boy
You are Tini, You are a girl
You are my goodfriends
And my neigberhoods.
Nah… Kita telah menemukan dua variasi lagu He is Tono. Dan untuk nada, silakan anda mengambil nada dari lagu He Is Tono yang asli. Namun untuk menjelaskan kepada siswa, tentu bukanlah hal yang sulit lagi, bila anda menguasai lagu di atas dan beberapa teori bahasa Inggris.
Untuk membantu anda, saya akan memberikan link-link yang semoga bisa membantu anda untuk mempelajari dan mengajarkan pronoun kepada anak didik anda.
Mohon maaf, ternyata Lagu HE IS TONO belum ada di blog ini, tapi bisa ditemukan di
terima kasih

(Kak Zepe)


Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:
Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com


Nafa Urbach melahirkan, Nafa urbach jadi Ibu, Anak Nafa Urbah, nama anak nafa urbach, nafa urbah melahirkan seorang, twitter dibeli facebook, twitter facebook, facebook membeli twitter, Anang dan Ashanty, Anang jadian dengan ashanty, gosip terbaru anak ashanty, anang dan ashanty jadian, jadinnya anak serta ashanty, anang dan ashanty di bali, ashanty duet sama anang, ashanty bernyanyi bareng anang, ashanty

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...