Kamis, 24 November 2011

Senam Otak (Brain Gym) Untuk TK dan PAUD (Manfaat Senam Otak Untuk Anak-anak dan bisa dilakukan di kelas dan di rumah / ruangan)



icharizqi.student.umm.ac.id

(brain gym / senam otak di kelas untuk anak usia dini dan Taman kanak-anak / TK


Pernahkah anda mendengar tentang senam otak (brain gym). Dan tahukah anda manfaatnya? Muhammad Isnain berpendapat,”  Otak kita terdiri dari dua belahan, belahan otak kiri dan belahan otak kanan. Anehnya, 85 persen orang di dunia ini ternyata hidup dengan mengandalkan belahan otak kiri saja. Sebagian dari sisanya menggunakan kombinasi keduanya, dan sebagian lagi memakai otak kanan. Itulah kesimpulan beberapa penelitian tentang otak. Dari segi fungsi, otak yang terdiri dari dua belahan kiri dan belahan kanan itu seolah memiliki tiga dimensi yang saling berhubungan. Dengan mengoptimalkan penggunaan seluruh bagian ini, fungsi otak dapat dioptimalkan. Sayang, tak semua orang mampu melakukannya. Salah satu cara mengoptimalkan penggunaan semua dimensi otak adalah senam otak.”



Bunda Nety Wahyuni, seorang ibu rumah tangga, biasa mememinta buah hatinya melakukan aktivitas sederhana berikut kepada buah hatinya. Aktivitas ini memang sangat sederhana, namun bisa memberikan mafaat yang besar kepada buah hatinya. Aktivitas sederhana tersebut adalah sbb (usahakan anda berada di depan buah hati anda, dan mintalah buah hati anda untuk melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan):

1. Pasang Telinga: Pelan-pelan pijit daun telinga kita. Pijat 3 kali dari atas ke bawah (gerakan ini membantu anak mendengar suara sendiri waktu berbicara dan bernyanyi)
2. Putara Kepala: Yuuk, kita putar kepala pelan-pelan searah jarum jam.(lakukan sebaliknya, setiap arah 3 kali).gerakan ini merangsang sel-sel syaraf di belahan tengah otak. Ini membantu anak belajar mendengar, membaca, menulis dan mengingat.)
3. Bergerak Silang: Mari kita gerakkan tangan kanan kita menyentuh lutut kiri dn sebaliknya.Lakukanlah secara berulang-ulang.  Senam ini mengaktifkan otak anak utk koordinasi penglihatan/pendengaran/kinestetik/perabaan/sentuhan).

Mudah sekali bukan? Tentu juga akan mudah dilakukan buah hati anda. Untuk gerakan-gerakan yang lain bisa mengikuti gambar di atas.
Mari kita lakukan bersama sang buah hati dan anak didik kita secara rutin! (Kak Zepe / ZP)



Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...