Rabu, 23 November 2011

Metode Mengajar Bahasa Inggris Dengan Lagu Anak, Materi Kata Kerja "Verb - Ing" (English Is Fun By Children Song) - Kak Zepe



                
“A part of speech that denotes existence, action or occurrence, verbs are more simply explained as “doing words”. Examples: the verb to be, rise, jump, have, carry, sing, run, lift. (Susan Whelan)”



shutterstock.com


          Beberapa kata  yang  terpenting  dalam pengertian kata  “verb” atau “kata kerja” di  atas adalah  “action”  atau gerakan dan  “doing  words”  atau  kata-kata  yang bermakna  melakukan. "Verb" dalam bahasa  Indonesia  biasa  disebut  sebagai  kata  kerja, atau kata yang  memiliki arti  “melakukan sesuatu”.










          Dalam bahasa  Inggris,  kata-kata yang biasa  muncul  sebagai kata  kerja adalah “do”  (melakukan  / mengerjakan),  “write” (menulis), “draw” (menggambar),  “sing” (bernyanyi),  “eat”  (makan),  “jump” (melompat),  dan  masih  banyak  lagi.  Kata - kata tersebut  adalah kata-kata yang biasa dilakukan oleh anak-anak  dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pemilihan kata  pun kita tidak boleh memilih kata-kata  yang terlalu  sulit, atau  yang tidak biasa   dilakukan   atau  dikatakan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. 


          Kali ini, saya  tidak  hanya mengajarkan arti dan  contoh  “verb” namun “verb + ing” (misalnya: doing, writing, drawing, singing, dll). Kata kerja  ini biasanya terdapat  setelah  kata kerja bantu  atau “linking  verb”.

Misalnya:

He  is  walking.
She  is walking.
It  is walking.
I  am walking.
We  are walking.
You are walking.
They are  walking.

Dalam  artikel  ini,  saya akan  membahas  tentang  manfaat lagu  “Chasing  A Butterfly”  dalam  mempelajari kata  kerja  “verb – ing”. 

Lirik Lagu “Chasing  A Butterly” adalah  sebagai   berikut:

I’m chasing  a butterfly.
I’m  chasing  in many ways.
I’m  running… Running…  running….  (Bisa  disertai  gerakan)
I’m  running… Running…  running…
To catch  the  butterfly

Lagu  di  atas  bisa  didengerin di  SINI (Lihat  Video  “CHASING  A BUTTERFLY”)

          Variasi  dari  lagu ini adalah dengan mengubah lirik  yang  menggunakan kata   pronoun  +  to be  (yang  sudah  berkontraksi),  yaitu   “I’m”  (berasal dari  kata  “I am”),  menjadi  “she’s”,  “he’s”,  “we’re”,  “they,re”, “we’re”,  “you’re”.  

          Variasi  yang lain adalah dengan mengubah  kata  kerjanya (verb +  ing),  dengan  kata  kerja  yang lain. Misalnya:  “walking”,  “flying”, “jumping”, “swimming”,  “climbing”, “crawling”,  dan kata-kata  kerja  sehari-hari  /  sederhana  yang  lain,  dan yang bisa  menggunakan gerakan. (Kak Zepe,  Penulis  Lagu2Anak).



Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...