LIKE FACEBOOK Kak Zepe ya

DOWNLOAD LAGU ANAK KAK ZEPE (Klik judulnya, lalu klik link di kata "DONWLOAD " di bawah jdudulnya)

Rabu, 23 November 2011

Mengajar Materi Penjumlahan Dengan Lagu Anak,JUMLAH BUAH, Untuk Anak Usia DINI dan Taman Kanak (PAUD dan TK) By Kak Zepe



         Pada waktu  saya   masih duduk di kelas  1  SD,  saya pernah  diminta oleh Ibu  guru  saya  untuk membawa  biji-bijian. Biji-bijian tersebut  digunakan sebagai  alat   peraga   pada saat  ibu  guru saya  mengajarkan materi  penjumlahan. Kami semua sangat senang karena dengan biji-bijian tersebut, saya  menjadi  lebih mudah dalam memahami materi pelajaran penjumlahan.

Pada  saat  proses  pengajaran,  ibu guru  saya berkata,”Sekarang  ambil  dua buah biji  kacang merah kalian,   dan pisahkan dari  yang lain. Setelah itu,  ambil  tiga buah biji kacang  merah  lagi,  dan satukan dengan dua buah biji  kacang merah yang baru  saja  kalian ambil.  Lali  hitunglah  berapa jumlahnya…  .” Kami  semua dengan bersemangat menghitung jumlah biji kacang merah yang baru saja kami pisahkan tersebut. Tentu  saja hampir semua siswa  menjawab dengan benar , karena  kita semua  tinggal menghitung jumlah biji satu  persatu.
Itulah sepenggal kisah  yang menginspirasi  saya  untuk menciptakan lagu penjumlahan ini. Namun kali ini saya  tidak menggunakan kacang merah, melainkan buah-buahan.  Lagu  ini berjudul  “JUMLAH BUAH”. Lagunya bisa  didengerin di SINI (Denger  lagu JUMLAH  BUAH) Lirik lagu tersebut seperti ini:

DUA BUAH  JERUK KU BELI DI  PASAR
LIMA BUAH JERUK  KU  BELI DI TOKO
KINI AKU PUNYA KINI  AKU PUNYA
TUJUH  BUAH  JERUK  KU SIMPAN DI KULKAS

Lagu ini akan sangat  membantu anak dalam memahami  penjumlahan. Bagi anak-anak yang terpenting  adalah hafal  terlebih dahulu. Dan yang terpenting di sini  adalah cara menghafalkannya,  yaitu  menghindari  PEMAKSAAN. Media  lagu akan sangat membantu  anak untuk memahami  materi  penjumlahan dengan langkah menghafalkan terlebih  dahulu melalui media lagu anak-anak.

Lirik  lagu di atas hanyalah contoh. Bila anda ingin menggunakan media lagu ini,  anda bisa memulainya dengan angka yang lebih kecil. Misalnya:

SATU BUAH  JERUK KU BELI DI  PASAR
DUA BUAH JERUK  KU  BELI DI TOKO
KINI AKU PUNYA KINI  AKU PUNYA
TIGA  BUAH  JERUK  KU SIMPAN DI KULKAS

Agar anak-anak paham,  biasanya  anak-anak perlu  hafal  terlebih  dahulu. Dan dengan media  lagu, mereka bisa menghafalkan  dengan cara menyanyikan lagu  ini  secara berulang-ulang, kapanpun dan dimanapun. Setelah  anak-anak  memahami kenapa satu  buah  jeruk  ditambah  dua buah jeruk jumlahnya adalah tiga buah  jeruk,  anda bisa mengubah  angkanya menjadi  angka yang  lebih  besar,  bahkan sampai  angka puluhan. Saran saya  yang lain,  saat  menggunakan lagu  ini  dengan jumlah  angka  yang kurang dari  10 akan lebih baik bila  kita juga mengajak anak-anak  menggunakan jari  mereka.  Dan bila anda sudah  menguasai  ilmu jarimatika, tentu akan menjadi lebih mudah lagi. Karena angka puluhan pun kita bisa menggunakan jari  kita. Menggunakan jari  dalam memahami materi penjumlahan adalah hal yang menyenangkan dan memudahkan bagi anak-anak, apalagi sambil bernyanyi.



Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...