Entri yang Diunggulkan

Klik ---> "DOWNLOAD LAGU ANAK KARYA KAK ZEPE" untuk download semua lagu anak karya Kak Zepe

Salam cinta lagu anak... Sekarang download lagu anak Karya Kak Zepe lebih mudah. Anda bisa memilih, memutar, dan berbagi lagu anak...

Mau Belanja Buku Pendidikan Anak, Orang Tua, dan Guru? SIlakan klik Gambar di Bawah ini

LIKE FACEBOOK Kak Zepe ya

Rabu, 23 November 2011

Cara Mengajari Anak Membaca Cepat dan Aman (By Kak Zepe Lagu Anak)



Cara Mengajari Anak Membaca Cepat  dan Aman

Banyak kalangan berpendapat bahwa pelajaran membaca tidaklah  pantas untuk diajarkan kepada anak di usia dini. Pelajaran membaca hanya layak diberikan kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar, bukan Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak-kanak. Karena dunia anak-anak adalah dunia  bermain, bukan melulu  berfokus pada memasukkan ilmu  ke dalam memori otak  anak. Karena dengan materi pelajaran yang terlalu berat,  anak-anak  bisa menjadi mudah stress dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kecerdasan dan ketrampilan mereka yang lain. Salah satu dilemma yang  sedang dihadapi pendidik PAUD dan TK adalah masih banyaknya Sekolah Dasar yang menjadikan kemampuan membaca sebagai  salah satu syarat  diterima atau  tidaknya  para siswa baru.



Sebagai  pencipta lagu anak-anak, saya  tergerak untuk membuat sesuatu  yang  saya harap berguna bagi anak-anak Indonesia, khususnya  dalam menghadapi  masalah boleh atau  tidaknya  anak usia dini mendapatkan materi pelajaran membaca. Lalu  tercetus sebuah ide dalam benak saya untuk menciptakan sebuah lagu yang berguna bagi  anak-anak usia dini, khususnya yang berhubungan dengan materi pelajaran membaca. Dengan diciptakannya  lagu ini,  bukan berarti saya setuju  atau mengijinkan anak-anak usia dini diberikan materi  pelajaran membaca.

Di  dalam lagu saya  ini, saya hanya ingin menyumbangkan salah  satu ide cara membaca yang aman. Karena dengan lagu ini,  anak-anak tidak hanya  belajar membaca,  namun juga merasakan keceriaan saat  bernyanyi. Atau sebaliknya,  anak-anak bukan hanya  akan merasa senang  dengan bernyanyi,  namun mereka juga akan mendapatkan sebuah pelajaran “cara membaca”.

Lirik  dari  lagu ini sebagai berikut:
A - K – U  KU AKU… B  -  I BI S  - A SA BISA B-A BA C-A CA BACA…
AKU BISA BACA…. (Lagu bisa didengarkan di SINI (LAGU "AKU BISA BACA")

Itu   hanyalah salah satu penggalan lirik yang terdapat di dalam lagu AKU BISA BACA. Dengan lirik  dan nada yang  ada di dalam lagu AKU BISA BACA, anda juga  bisa berkreasi  dengan menggunakan kata-kata  yang  lain. Misalnya: SAYA SUKA BOLA, BUKU  SAYA  BARU,  MATA SAYA DUA, dan  masih banyak kata-kata yang lain serta  bisa menjadi  lirik pengganti  dari  lagu  ciptaan saya  tersebut. Syarat  kata-kata  yang bisa anda pilih adalah memiliki  empat  huruf dan  dua suku  kata,  tiap  suku  kata memiliki  satu  huruf konsonan dan satu huruf vocal,  misalnya  KA, MU, BI, SA, RA,  SA, dll. Namun bisa juga  suku kata yang pertama  hanya menggunakan satu  huruf ( dan suku  kata  yang kedua harus  menggunakan dua huruf), misalnya  pada  kata AKU. Huruf “A” berdiri  sendiri  pada  suku  kata  pertama.

Saya  yakin,  metode membaca sambil bernyanyi adalah salah  satu  metode belajar membaca anak yang aman,  dan bisa digunakan oleh para pendidik anak usia dini dan orang tua. Sebenarnya masih banyak metode-metode mengajarkan anak membaca  yang lain. Namun memang  sangat  diperlukan kreatifitas.  Misalnya  dengan media dongeng,  menggambar, menari, dan lain-lain.

Dengan artikel ini, saya  hanya berharap kepada pihak  yang “mengijinkan” anak usia dini menerima pelajaran membaca menjadi  tahu pentingnya  kreatifitas dalam mengajarkan materi  pelajaran ini. Dan bagi  pihak yang sangat  anti terhadap  diijinkannya / diharuskannya anak-anak  menerima materi  pelajaran membaca menjadi  tahu,  bahwa masalah yang sebenarnya bukanlah boleh atau tidak,  namun semua tergantung  pada CARA  MENGAJARKAN. Karena  tidak ada salahnya  juga  anak-anak bernyanyi lagu ABC, hafal bentuk-bentuk huruf, bisa menulis  nama diri,  yang merupakan salah  satu  bagian dari materi  pelajaran membaca. Jadi marilah kita bersama, menggunakan kreatifitas  kita masing-masing, untuk menemukan metode-metode kreatif, yang bisa meringankan dan memudahkan anak untuk bisa membaca.
 
Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 
 

Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

5 komentar:

  1. aah....betul tu...pelbagaikan ajaran cara membaca..baru kanak-kanak suka membaca...

    BalasHapus
  2. KISAH SUKSES HONORER JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya sugeng santoso cuma bisa menyampaikan melalui pesang singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah SD Negeri Panggungrejo 04, Kab. Malang, Jawa Timur , Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIJO MURDONO. M. SI no telf beliau: 021-4069-4000 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.

    BalasHapus
  3. terimakasih, jika ingin mengajarkan anak-anak displin dalam mengantri, silahkan klik Klik disini

    BalasHapus
  4. terimakasih, silahkan mampir ke blog saya ya Klik disini

    BalasHapus
  5. Thanks banget nih ketemu blog ini. Ini bermanfaat banget infonya buat anak saya

    BalasHapus

Silakan klik LIKE / SUKA bila anda menyukai blog ini dan mendukung gerakan CINTA LAGU dan DUNIA ANAK

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...