Kamis, 01 September 2011

Metode Belajar Sambil Bernyanyi Sambil MEnari (Cara Mengajar Anak Dengan Bernyanyi dan Menari Sambil bermain)

Metode Belajar Sambil Bernyanyi Sambil MEnari (Cara Mengajar Anak Dengan Bernyanyi dan Menari Sambil  bermain)


Setiap ngajar anak-anak, saya selalu memperhatikan bila satu hal yang sulit untuk dihentikan oleh anak-anak adalah TIDAK BISA DIAM. Mereka selalu bergerak, entah menggerakkan kaki, tangan, kepala, bahkan berjalan kian kemari, meski telah dinasehati beberapa kali. Saya jadi berpikir, pasti ada cara yang baik, agar keaktifan mereka ini bisa diubah menjadi suatu hal yang indah dan bermanfaat.
Oleh karena itulah, di dalam benak saya terbeslit sebuah ide untuk melakukan sebuah metode baru dalam belajar, yang saya harap bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Agar bicara mereka lebih indah dan bermanfaat, maka saya akan ajak mereka bernyanyi. Bagaimana dengan kebiasaan anak yang tidak bisa diam? Hmm… Ini dia yang terbaru, saya akan mengajak mereka bernyanyi sambil bergerak atau bisa disebut juga dengan menari.
Bagaimana ya caranya? Oke… Saya akan menggunakan sebuah contoh lagu yang bisa dinyanyikan sambil menari. Saya akan mengambil contoh lagu CHASING THE BUTTERFLY... . Kenapa saya memilih lagu ini? Karena selain lagu ini sangat sederhana, lagu ini juga sangat bermanfaat dalam belajar bahasa Inggris, khususnya dalam belajar VERB (kata kerja). Saya nanti akan menjelaskan lebih lanjut.
Oke… Sekarang kita pelajari dulu liriknya ya…
I’m chasing the butterfly
I’m chasing in many ways
I’m running, running, running…
I’m running, running, running…
To catch the butterfly…
Nah… Tolong dihafalin dulu liriknya sebelum mempelajar lagunya. Untuk mempelajari lagunya, anda bisa klik: http://lagu2anak.blogspot.com/2010/10/chasing-buterfly-kak-zepes-children.html
Setelah anda selesai mendengarkan lagunya (sukur-sukur hafal liriknya dan bisa menyanyikannya), saya akan mengajarkan tahap pertama dari metode ini.
Yang pertama anda lakukan adalah mengajak anak untuk berimajinasi tentang menangkap seekor kupu-kupu. Anda bisa menggunakan media gambar terlebih dahulu. Anda bisa menggambar seorang anak sedang mengejar kupu-kupu. Anda juga bisa menyelipkan pelajaran berhitung dalam bahasa Inggris dengan memeinta siswa menghitung jumlah kupu-kupu yang dikejar anak itu. Bila anda tidak bisa menggambar, anda bisa menemukan gambar-gambar yang bagus di google search, dengan mengetik CHASING BUTTERFLY PICTURE, setelah itu anda bisa mencetak gambar dengan menggunakan printer.
Setelah itu, anda mengajak anak didik anda untuk bisa membayangkan seorang anak mengejar kupu-kupu, anda bisa menjelaskan bagaimana anak itu mengejar kupu-kupu. Ceritakan bahwa anak itu bisa melakukannya dengan berbagai cara, yaitu berlari (running), berjalan (walking), melompat (swimming), atau anda bisa memberikan anak-anak kata kerja yang mustahil terjadi di kehidupan nyata, misalnya menyetir (driving), terbang (flying), berlayar (sailing), berenang (swimming), dan masih banyak lagi.
Nah… Setelah selesai mengajak anak berimajinasi tentang seorang anak yang mengejar kupu-kupu dengan banyak cara (berlari, berjalan, berenang, dll), tiba saatnya anda mengajarkan anak didik anda lagu CHASING THE BUTTERFLY.
Saya akan memberikan contoh gerakan baris demi baris. Dan jangan lupa untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut di bawah ini sambil bernyanyi!
I’M CHASING THE BUTTERFLY
(Ajaklah anak didik anda untuk menunjuk diri mereka sendiri pada lirik I’M CHASING. Lalu ajaklah anak didik anda untuk menirukan gerakan kupu-kupu yang sedang terbang pada lirik THE BUTTERFLY)
I’M CHASING IN MANY WAYS
(Ajaklah anak didik anda untuk menggerakkan tangan mereka, seakan-akan sedang ingin menggapai sesuatu, dan dengan langkah lebar yang perlahan-lahan)
I’M RUNNING-RUNNING-RUNNING 2x
(Ajaklah anak didik anda untuk berlari di tempat dengan cepat dan penuh semangat!!)
TO CATCH THE BUTTERFLY
(Ajaklah anak didik anda untuk melakukan gerakan tangan kanan seakan-akan sedang menangkap sesuatu, dengan jari yang tadinya terbuka kemudian menutup pada lirik TO CATCH, dan ajaklah anak didik anda untuk kembali menirukan gaya kupu-kupu terbang pada lirik THE BUTTERFLY.
Nah… Setelah anak didik anda menguasai lagu dengan kata kerja RUNNING, anda bisa mengubah kata kerja RUNNING dengan kata kerja yang lain, dan telah saya ajarkan kepada anda.
Manfaat dari metode ini adalah, anak menjadi lebih semangat dalam bernyanyi dan belajar, selain itu, dengan gerakan-gerakan, diharapkan anak bisa menjadi lebih mengingat pelajaran yang mereka dapat (melalui lirik lagu).
Semangat belajar, dan semangat mengajar!
Lagu-lagu lain yang bisa denyanyian sambil bergerak adalah:
(ZP)

Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan:
Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...