LIKE FACEBOOK Kak Zepe ya

DOWNLOAD LAGU ANAK KAK ZEPE (Klik judulnya, lalu klik link di kata "DONWLOAD " di bawah jdudulnya)

Kamis, 31 Januari 2013

Tips Melatih Daya Ingat Anak (Cara Membimbing Anak Agar Pintar Menghafal)




Tidak semua anak pandai  menghafal. Ada banyak faktor yang  menyebabkan anak sulit untuk menghafal  sesuatubisa karena faktor keturunan, memang memiliki kemampuan mengingat  atau belajar yang  lemah, kondisinya sedang  dalam keadaan stress atau  tertekan atau bisa karena sulitnya berkonsentrasi (biasanya  terjadi  pada anak yang  aktif). 
Sebagai orang  tua, kita jangan hanya  diam saja dan menyerah pada nasib. Kita harus  membantu anak, meskipun bukan dengan cara memaksa mereka untuk bisa mengingat. Namuan kita  harus membimbingnya agar anak mengalami perkembangan yang  berarti.  Bagaimana caranya? Berikut tips-tips dari  Kak Zepe:

1. Melatih  Anak Untuk Fokus
Melatih anak untuk bisa  focus, bukan berarti  memaksa anak untuk memperhatikan apa yang kita jelaskan. Hal yang terpenting disini adalah memberikan sesuatu yang  menarik, sehingga anak bisa dengan senang  hati memperhatikan apa yang kita jelaskan.



2. Mengajarkan anak untuk terbiasa mengulang pelajaran
Untuk tingkat  anak usia  dini, mungkin tidak banyak yang  harus diingat. Namun setidaknya kita bisa memancingnya dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana,”Tadi  bermain dengan siapa saja? Ada teman baru  tidak? Namanya siapa teman barunya? Tadi  belajar apa saja?“

3. Tidak Membanding-bandingkan
Hindari membanding-bandingkan dengan anak yang lain, apalagi saudaranya sendiri. Hal ini bisa melemahkan semangat  anak untuk belajar. Yang patut kita pahami disini adalah bahwa setiap  anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal mengingat  sesuatu, setiap  anak memiliki kemampuan yang  berbeda-beda, ada yang bisa mengingat  dengan cepat, ada juga yang  membutuhkan waktu lebih lama. Karena ada kemungkinan anak mengalami “low memorizing” karena kurang  perhatiannya kita sebagai orang tua, sehingga anak merasa terbebani disaat  harus menghadapi  segala masalahnya sendiri.

4. Mendampingi Anak Saat  Menonton TV
Sebelum anak menonton TV, pastikan kita tahu acara apa yang  akan dia tonton. Kita juga harus berusaha memilihkan tontonan-tontonan yang  mendidik pada anak. Bila di stasiun TV minim acara yang  mendidik, kita bisa membelikan VCD di toko-toko penjualan CD. Setalah anak menonton TV, kita bisa menanyakan beberapa hal yang  berhubungan dengan apa yang  telah anak-anak tonton. Hal yang terpenting dalam poin ini, kita jangan terlalu  lama membiarkan anak nonton sendirian. Sehingga  beberapa  hal yang  belum anak-anak tahu  tentang  apa yang  dia tonton bisa kita jelaskan. Dan bila anak bertanya sesuatu tentang  apa yang  dia tonton, kita bisa menjawabnya.

5. Mengenal  Potensi
Potensi setiap  anak berbeda-beda. Sebagai orang tua kita harus peka dalam hal ini. Kita  harus bisa memotivasi  anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya, sehingga anak merasa memiliki  sesuatu yang bisa dibanggakan di depan orang  tua, saudara, dan teman-temannya. Sehingga anak tidak merasa rendah  diri karena memiliki kemampuan yang  istimewa dan unik.

6. Memilihkan Sekolah Yang  Tidak Meminta  Anak Menghafal melulu
Menghafal memang  penting. Layaknya sebuah computer yang  terlalu  penuh  dengan file-file yang  terlalu banyak. Speed computer lama kelamaan akan menjadi semakin lemot. Demikian  juga buah hati kita  yang  terlalu banyak disuruh menghafal, bisa menjadi  stress dan memiliki  kemampuan mengingat  yang  lemah.

Dan berikut  ini adalah tips praktis penanganan bagi anak agar memiliki  kemampuan mengingat  yang  baik:

1. Memberikan Pola Rutinitas
Memberikan jadwal makan,  tidur, bermain, belajar, dan aktivitas-aktivitas lainnya juga bisa memacu  daya ingat  anak. Anak-anak lama kelamaan bisa belajar secara mandiri  apa yang  yang harus dilakukan setelah selesai  melakukan suatu aktivitas.

2. Memberikan Ruang  Yang  Tepat
Berikan suasana yang kondusif bagi anak. Misalnya dengan menyediakan ruang  perpustakaan dan ruang belajar yang  terpisah  dengan ruang tamu  atau  jauh dari  suara bising, misalnya suara radio dan TV. Hal ini bisa memacu anak untuk bisa berkonsentrasi  dengan baik.


3. Belajar menggunakan semua  indra
Guru yang mengajar secara konvensional (guru mengajar, anak didik memperhatikan) adalah suatu cara yang  sudah ketinggalan jaman. Semakin banyak indra yang  digunakan pada anak untuk belajar, maka anak akan semakin mudah mengingat  sesuatu. Misalnya saat belajar tentang  magnet. Kita bisa menjelaskan dahulu  apa itu  magnet, fungsinya, dan segala sesuatu  tentang  magnet. Setelah itu kita bisa menunjukkan magnet yang  sebenarnya, dan pengaruhnya bia berdekatan dengan bermacam-macam benda. Sehingga selain belajar tentang  magnet, anak-anak juga semakin banyak  mengenal benda-benda yang  lain.


4. Mengenal  gaya belajar anak
Anak memiliki gaya belajar yang  bermacam-macam. Sebagai guru saya mengenal betul anak-anak saya. Ada yang  merasa tertarik saat saya menjelaskan sesuatu dengan cara yang konvensional,, namun ada beberapa yang tidak tertarik. Namun saat saya menggunakan media berwarna atau menggunakan lagu, beberapa anak yang  tadinya  tidak  tertarik, menjadi  tertarik untuk memperhatikan.  Macam gaya  belajar anak antara lain: auditory (mendengar), visual (melihat), kinestetik (meraba), musical (mendengar music), action (bergerak), dan masih banyak lagi. Setelah kita memahami macam-macam metode belajar anak, kita jadi  tahu bagaimana cara mengajar buah hati kita dengan sekreatif mungkin dan memberikan media-media pendukung yang  memungkinkan semua metode belajar  itu bisa digunakan. Meskipun anak lebih suka belajar secara auditory, bukan berarti mereka tidak suka belajar dengan cara visual. Karena hal  yang  menarik  bagi anak adalah sesuatu  yang baru. Sehingga variasi  cara belajar sangat   penting kita berikan pada  sang  buah hati.



5. Menggunakan Mind Mapping
Mind Mapping adalah sebuah metode belajar modern yang  memungkinkan anak untuk lebih mudah  mengingat  sesuatu. Dengan mind mapping, tulisan yang  seharusnya  ditulis  menjadi 5 halaman, bisa diringkas menjadi  1 halaman dan bisa dihiasi dengan gambar-gambar yang menarik.




 Bagaimana tips-tips dari Kak Zepe? Keren bukan? Nah… Sebagai Pencipta lagu, Kak Zepe ingin memberikan satu buah contoh  lagu yang semoga bisa berguna buat  buah hati anda dalam mengingat  nama-nama hari dan bulan. Lagunya berjudul “Setiap  Hari Bahagia” dan Nama-Nama Bulan”









Silakan Mempublikasikan Karya-karya Saya dengan mencantumkan: Karya Kak Zepe, lagu2anak.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...