Entri yang Diunggulkan

Klik ---> "DOWNLOAD LAGU ANAK KARYA KAK ZEPE" untuk download semua lagu anak karya Kak Zepe

Salam cinta lagu anak... Sekarang download lagu anak Karya Kak Zepe lebih mudah. Anda bisa memilih, memutar, dan berbagi lagu anak...

Mau Belanja Buku Pendidikan Anak, Orang Tua, dan Guru? SIlakan klik Gambar di Bawah ini

LIKE FACEBOOK Kak Zepe ya

Kamis, 01 September 2011

Mengendalikan Rasa Penasaran Buah Hati (Rasa Penasaran Anak, Mendidik Anak Yang Punya Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi, Anak Cerdas Selalu Ingin Tahu)



Sebagai individu yang belum mendapatkan banyak pengalaman, adalah hal yang wajar bagi seorang anak untuk mencoba mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru. Banyak hal yang belum pernah dialami, diketahui, dan dimengerti oleh seorang anak.
Sebagai orang tua, mungkin anda sering was-was dengan hal ini. Bisa saja buah hati anda mendapatkan pengalaman dan pengetahuan dari sumber-sumber yang salah, atau pengalaman dan pengetahuan yang belum pantas mereka teriman.


Pada saat itulah, mungkin anda akan dihadapkan pada posisi yang serba salah. Terlalu banyak melarang, mengekang, dan membuat banyak peraturan tentu saja bukanlah hal yang bijaksana.
Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ungkapan itu memang benar. Tidak hanya benar, namun benar sekali. Semua tergantung anda mengartikan ungkapan itu.


Meksudnya mencegah, bukanlah dengan memberikan banyak peraturan dan larangan bagi mereka. Karena terlalu banyak larangan dan peraturan juga bisa membatasi ruang gerak mereka untuk berpikir kreatif. Hal yang terbaik yang bisa anda lakukan adalah memberikan fasilitas bagi mereka.
Anda, sebagai orang tua, tentu lebih mengerti apa yang menjadi kebutuhan buah hati anda. Karena tentu saja, sudah sepantasnyalah anda sebagai orang tua harus memperhatikan perkembangan kepribadian dan tingkah laku mereka. Kesibukan karena pekerjaan dan aktivitas lain jangan dijadikan alasan. Karena walaubagaimanapun keluarga anda adalah yang paling utama. Bila keluarga anda bermasalah, bukankah nantinya juga akan mengganggu perkerjaan anda?


Nah... Jadi yang pertama-tama anda lakukan adalah luangkanlah waktu sebanyak-banyaknya bagi buah hati anda. Karena perhatian dan kasih sayang yang cukup, bisa mencegah buah hati anda untuk “berlari dari rumah”. Maksudnya “berlari dari rumah” adalah mencari orang lain yang lebih dipercaya oleh buah hati anda. Mungkin anda akan sangat bersyukur bila lingkungan pergaulan buah hati anda baik. Tapi...”Who knows?” Jadi banyak-banyaklah bersabar untuk lebih mengerti segala apa yang menjadi kebutuhan buah hati anda.
Selain itu, fasilitas yang memadai juga sangat penting. Sediakanlah buku-buku, majalah-majalah, film-film, yang sesuai dengan usia dan kebutuhan buah hati anda. Hal ini untuk mencegah buah hati anda untuk mencari sumber-sumber lain yang menyesatkan.


Dan jangan lupa, ciptakanlah suasana rumah yang menyenangkan. Arti menyenangkan disini, tidak hanya berhubungan dengan keadaan rumah secara fisik yang serba indah saja, namun juga suasana kasih sayang yang ada di dalamnya. Ciptakanlah ruang keluarga yang nyaman dimana setiap hari anda bisa berkumpul dan berbagi dengan semua anggota keluarga. Atau... Biasakanlah makan pagi, siang, terutama malam hari bersama dengan seluruh anggota keluarga.
Semoga bermanfaat!
Zepe Heru Saputra S.S

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE, 
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Artikel ini ditulis oleh Kak Zepe, Pencipta Lagu Anak di dalam aplikasi LAGU ANAK KAK ZEPE. Aplikasi ini bisa didownload GRATIS secara online dengan media android, Ipad, dan Ipod.Untuk mendownloadnya silakan search di GOOGLE PLAYSTORE,   atau klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 Atau klik gambar di bawah ini:           https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1  https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.kolakkakzepe1 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan klik LIKE / SUKA bila anda menyukai blog ini dan mendukung gerakan CINTA LAGU dan DUNIA ANAK

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...